Telepon Darurat : 08115231560

Search
Close this search box.

Hak dan Kewajiban Pasien

Hak Pasien

  • Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di Puskesmas.
  • Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien.
  • Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi.
  • Memperoleh pelayanan kesehatan bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional.
  • Memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi;
  • Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan.
  • Memilih dokter dan Perawat sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku di Puskesmas.
  • Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain (second opinion) yang memiliki Surat Ijin Praktik (SIP) baik di dalam maupun di luar Puskesmas.
  • Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya.
  • Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya.
  • Mendapat informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi, dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan.
  •  Didampingi keluarganya dalam keadaan kritis.
  • Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya.
  • Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di Puskesmas.
  • Menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya.
  • Mengeluhkan pelayanan Puskesmas yang tidak sesuai dengan standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kewajiban Pasien

  • Memberi informasi yg lengkap dan jujur tentang masalah kesehatannya.
  • Mematuhi nasihat dan petunjuk dokter dan dokter gigi.
  • Mematuhi ketentuan yang berlaku di saryankes.
  •  Memberi imbalan jasa atas pelayanan yang diterima.

Navigasi

Berita

Kotak Saran

Suara Anda, Perbaikan Kami

Kami ingin memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk Anda. Oleh karena itu, kami meminta Anda untuk mengisi kotak saran ini dengan saran, kritik, atau masukan yang konstruktif. Suara Anda akan menjadi bahan perbaikan kami.