Telepon Darurat : 08115231560

Search
Close this search box.

Puskesmas Teluk Bogam

Gerakan Bersama Pemberantasan Sarang Nyamuk di Desa Keraya

Pada hari ini Jumat (20/10/2023) sedang dilaksanakan GEBER PSN atau Gerakan Bersama Pemberantasan Sarang Nyamuk di desa Keraya. Gerakan ini merupakan upaya pencegahan penularan penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti.

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius dan dapat mengancam nyawa masyarakat. Penyakit DBD sendiri adalah penyakit yang diakibatkan oleh adanya gigitan nyamuk aedes Aegypti yang sangat identik dengan musim hujan di daerah tropis atau subtropis.

Cara mencegah demam berdarah

Berikut ini adalah cara mencegah demam berdarah yang dapat kita lakukan secara bersama di lingkungan sekitar kita dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Langkah ini biasa disebut dengan 3M Plus, yaitu:

  1. Menguras tempat penampungan air
  2.  Menutup tempat-tempat penampungan air
  3. Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak mnyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia. (+) Plus-nya yaitu kegiatan pencegahan DBD lainnya, seperti :
  1. Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan
  2. Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk
  3. Menggunakan kelambu saat tidur
  4. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk
  5. Menanam tanaman pengusir nyamuk
  6.  Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah
  7. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain. 

Kotak Saran

Suara Anda, Perbaikan Kami

Kami ingin memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk Anda. Oleh karena itu, kami meminta Anda untuk mengisi kotak saran ini dengan saran, kritik, atau masukan yang konstruktif. Suara Anda akan menjadi bahan perbaikan kami.